Pengertian, Fungsi dan Simbol Gen

Pengertian, Fungsi dan Simbol Gen - Pada tema sebelumnya, kalian sudah pelajari tentang metabolisme. Pastinya kalian selagi ini sudah paham bagaimana metabolisme itu berlangsung. Nah, selagi ini terhadap materi kesempatan ini kalian bakal pelajari tentang Gen. Seperti apakah gen itu? Bagaimana peran gen didalam pewarisan karakter?

Pengertian, Fungsi dan Simbol Gen
Pengertian, Fungsi dan Simbol Gen

Pasti kalian pernah memerhatikan seseorang rekan yang mempunyai lebih dari satu kemiripan bersama dengan orangtuanya. Tak paham kemiripan didalam berperilaku maupun kemiripan fisik. Tahukah kalian dari tempat mana kemiripan itu bisa berlangsung? Apa yang membuat kemiripan seseorang anak bersama dengan orangtuanya? Tersebut penuturannya.

Menurut W. Johansen, gen adalah unit paling kecil dari satu makhluk hidup yang punya kadar substansi hereditas. Substansi hereditas ini tersedia didalam lokus gen. Gen terbagi didalam protein dan juga asam nukleat (DNA dan juga RNA), punya ukuran terhadap 4 – 8 mikron. Gen diwariskan oleh satu individu terhadap individu keturunannya lewat sistem reproduksi.

Dengan perihal tersebut, keterangan yang memelihara keutuhan bentuk dan juga fungsi kehidupan satu organisme bisa terbangun. Gen tersedia berpasangan didalam satu lokus terhadap kromosom homolog. Semasing gen didalam pasangan itu dimaksud alel. Ke-2 alel bisa mempunyai ciri cii-ciri yang mirip atau tidak sama, umpamanya cii-ciri tangkai panjang dan juga tangkai pendek.

Gen punya lebih dari satu cii-ciri yakni punya kadar keterangan genetik. Tiap-tiap gen punya pekerjaan dan juga fungsi yang tidak sama. Pada selagi pembelahan mitosis dan juga meiosis bisa mengadakan duplikasi. Gen ditetapkan oleh lapisan paduan basa nitrogen dan juga gen sebagai partikel yang tersedia didalam kromosom.

Fungsi dan Simbol Gen 


Fungsi gen salah satunya seperti berikut.
1. Mengemukakan keterangan terhadap generasi selanjutnya
2. Sebagai penentu cii-ciri yang di turunkan
3. Mengatur perubahan dan juga metabolisme

Simbol-simbol gen diantaranya seperti berikut. 


1. Gen dominan
Gen menguasai yakni gen yang menutupi ekspresi gen lain hingga cii-ciri yang dibawanya terekspresikan terhadap turunannya (individu) dan juga kebanyakan dinyatakan didalam huruf besar, umpamanya A.

2. Gen resesif
Gen resesif yakni gen yang terkalahkan (tertutupi) oleh gen lain (gen menguasai) hingga cii-ciri yang dibawanya tak terekspresikan terhadap keturunannya.

3. Gen heterozigot
Gen heterozigot yakni dua gen yang disebut paduan dari sel sperma (A) dan juga sel telur (a).

4. Gen homozigot dominan
Gen homozigot menguasai yakni dua gen menguasai yang disebut paduan dari sel kelamin jantan dan juga sel kelamin betina, umpamanya genotipe AA.

5. Gen heterozigot resesif
Gen heterozigot resesif yakni dua gen resesif yang disebut hasil paduan dua sel kelamin, umpamanya aa.

6. Kromosom homolog
Kromosom homolog yakni kromosom yang berkunjung dari induk betina yang berwujud mirip bersama dengan kromosom yang berkunjung dari induk jantan.

7. Fenotipe
Fenotipe yakni lebih dari satu cii-ciri keturunan terhadap F1, F2, dan juga F3 yang bisa diliat, seperti tinggi, rendah, warna, dan juga bentuk

8. Genotipe
Genotipe yakni lebih dari satu cii-ciri keturunan yang tidak bisa diliat, umpamanya AA, Aa, dan juga aa.

Lokus adalah unit-unit yang lebih kecil terhadap kromosom yang berikan bentuk seperti urutan manik atau pita bersama dengan garis-garis melintang yang membuktikan letak-letak gen. Gen A dan juga gen a adalah gen yang sealel lantaran terkandung terhadap lokus yang bersesuaian dan juga mengawasi cii-ciri yang mirip atau setaraf tetapi ekspresinya tidak sama. Umpamanya gen A dan juga alelnya a keduanya mirip mengekspresikan bentuk hidung, tetapi gen A mengekspresikan hidung mancung, tengah alelnya gen a mengekspresikan hidung pesek.

Satu gen bisa punya kian lebih satu alel. Urutan didalam penulisan pasangan anggota multiple alel cocok bersama dengan urutan dominasi satu cii-ciri terhadap cii-ciri yang lain. Momen yang membuktikan di mana satu gen punya alel kian lebih satu dikatakan sebagai multiple alel (alel ganda). Karakter yang dikendalikan oleh alel ganda diantaranya yakni grup darah dan juga warna bulu kelinci.

Satu gen kebanyakan cuma mengekspresikan satu cii-ciri atau satu ciri-ciri. Walau demikianlah terkandung banyak gen terhadap lokus yang tidak mirip yang bekerja bersama dengan membuktikan satu karakter. Gen yang sekian dimaksud poligen. Karakter yang dikendalikan oleh poligen yakni pigmen kulit manusia, gen penentu berat buah, tinggi pohon, dan juga kadar gula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel