Pengertian dan Fungsi Enzim

Pengertian dan Fungsi Enzim - Enzim begitu diperlukan badan untuk memproses makanan yang kami makan. Sempatkah anda makan roti tawar atau nasi tawar? Sesudah dikunyah lebih dari satu sementara lalu, roti atau nasi tawar itu jadi manis.

Pengertian dan Fungsi Enzim
Pengertian dan Fungsi Enzim

Apa yang membuat roti atau nasi tawar mulai manis? Didalam air ludah kami tersedia enzim ptialin yang bisa memecah karbohidrat jadi gula. Enzim begitu diperlukan untuk metabolisme badan. Mari kami tekuni apa yang disebut bersama enzim dan juga apa manfaatnya.

A. Pengertian Enzim

Enzim yakni senyawa organik atau katalis protein yang dibikin sel dalam satu reaksi. Enzim bekerja sebagai katalis pada badan makhluk hidup sampai dimaksud biokatalisator. Enzim laksanakan tindakan sebagai katalis, artinya enzim bisa meningkatkan laju reaksi kimia tanpa tersedia turut bereaksi atau di mempengaruhi oleh reaksi kimia itu.

Enzim membawa cii-ciri yang khas, artinya cuma mempengaruhi zat khusus yang dimaksud substrat. Substrat yakni molekul yang bereaksi dalam satu reaksi kimia dan juga molekul yang dibikin dimaksud product. Misalnya enzim sukrase mengikat substrat sukrosa. Setelah itu, enzim sukrase memecah sukrosa jadi glukosa dan juga fruktosa sebagai produk yang dibuat.

1. Komponen Enzim
Enzim membawa dua komponen yakni komponen protein yang dimaksud apoenzim dan juga nonprotein yang dimaksud kofaktor. Kofaktor berupa ion atau molekul. Contoh kofaktor yang mampir berasal dari molekul non-organik yakni besi, tembaga, dan juga zink. Kofaktor yang terdiri atas senyawa-senyawa kompleks dimaksud koenzim, umpamanya NADH, FADH, koenzim A, tiamin, riboflavin, asam pantotenat, niasin, piridoksin, asam folat, biotin, dan juga kobalamin.

2. Sifat Enzim
Tahukah anda bagaimana cii-ciri enzim? Enzim yang berperan sebagai katalisator membawa lebih dari satu cii-ciri seperti berikut.
a. Enzim tak mempengaruhi produk akhir yang dibikin atau mempengaruhi keseimbangan reaksi, cuma meningkatkan laju satu reaksi.
b. Enzim bekerja bersama cara khusus, artinya enzim cuma mempengaruhi substrat khusus saja.
c. Enzim diperlukan dalam kuantitas sedikit.
d. Enzim bekerja pada suhu spesifik.
e. Enzim akan kehilangan aktivitasnya lantaran pH yang terlampau asam atau basa kuat dan juga pelarut organik.
f. Enzim bisa terdenaturasi lantaran panas yang terlampau tinggi sampai tidak bisa berperan sebagai mana harusnya.
g. Kerja enzim bisa bolak-balik, artinya jikalau bisa memecah substrat bisa termasuk membuat substrat berasal dari penyusunnya.
h. Enzim di mempengaruhi oleh aspek lingkungan seperti suhu, pH, aktivator (pengaktif), inhibitor (penghalang), dan juga konsentrasi substrat.

B. Fungsi Enzim

Enzim berperan sebagai katalisator. Katalisator yakni satu zat yang mempercepat laju reaksi kimia pada suhu khusus tanpa tersedia alami pergantian oleh reaksi itu. Satu katalis bertindak dalam reaksi tapi bukanlah sebagai pereaksi atau product. Apa peran enzim sebagai katalisator dalam reaksi itu?
Satu reaksi membutuhkan daya aktivasi untuk membuahkan product. Tahukah anda apa yang disebut bersama daya aktivasi? Daya aktivasi adalah daya yang perlu dilampaui supaya reaksi kimia bisa berlangsung.

Daya aktivasi bisa termasuk didefinisikan sebagai daya sedikitnya yang diperlukan supaya reaksi kimia khusus bisa berlangsung. Enzim bertindak untuk mengurangi daya aktivasi satu reaksi dalam membuahkan product. Bila daya aktivasi satu reaksi bisa di turunkan jadi laju reaksi akan bertambah. Oleh karenanya, enzim bisa meningkatkan laju reaksi yang sedang berjalan.

C. Penamaan Enzim

Penamaan enzim kebanyakan cocok bersama substrat yang di jabarkan, kemudian dibubuhi akhiran ase. Sebagai semisal enzim lipase bekerja menguraikan lipid (lemak) jadi asam lemak. Di bawah ini semisal enzim berdasar pada golongannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel