Karakteristik Gelombang Bunyi

Karakteristik Gelombang Bunyi - PENGERTIAN BUNYI
Bunyi adalah satu rangsangan yang dirasa oleh alat pendengaran. Bunyi juga juga dalam grup gelombang longitudinal, yakni gelombang yang berlangsung lantaran tersedia rapatan serta renggangan medium perambatnya dan mempunyai arah rambat serta arah getar yang sejajar. Medium perambat bunyi mampu berwujud gas, cair ataupun hawa. 

Karakteristik Gelombang Bunyi
Karakteristik Gelombang Bunyi


Sebelumnya kami pelajari berkenaan ciri-ciriistik bunyi, mari kami mengerti lebih-lebih pernah berkenaan beberapa pembawaan gelombang bunyi. Sifat-sifat gelombang bunyi mampu dibedakan layaknya tersebut : 

SIFAT-SIFAT BUNYI 

1. Refleksi 
Bunyi mampu dipantulkan misalnya berkenaan permukaan benda padat yang keras. Seperti dinding, batu, besi serta kaca. Misalnya, misalnya kami tersedia dalam satu ruangan tertutup jadi nada kami dapat terdengar lebih keras lantaran bunyi dapat memantul terhadap dinding di sekitaran ruang. 

2. Refraksi 
Bunyi mampu alami pembiasan atau pembelokan arah gelombang yang karena melalui batas terhadap 2 medium yang tidak sama. Misalnya, nada petir pas malam hari terdengar lebih nyaring di banding siang hari. 

3. Interferensi 
Hubungan antar gelombang dalam satu daerah. Misalnya, 2 buah Alat HT yang mampu terima pesan yang mirip yang diantar oleh satu orang. 

4. Difraksi 
Adalah proses pelenturan gelombang bunyi karena melalui celah sempit. Misalnya, misalnya kami memasang musik di dalam satu kamar dapat tetaplah terdengar ke luar lantaran bunyi melalui celah pintu yang sempit. 
Nah, pas ini kalian telah mengerti berkenaan beberapa pembawaan berasal dari bunyi itu. Walau demikianlah terjadinya satu bunyi cuma mampu didengar kecuali mempunyai kriteria spesifik. Apa saja prasyarat itu? Tersebut penuturannya. 

SYARAT TERJADINYA BUNYI 

1. Sumber Bunyi 
Semuanya benda yang mampu membuahkan bunyi mampu digolongkan sebagai sumber bunyi. Umpamanya, nada manusia, radio, gitar, piano, serta banyak ragam alat musik yang lain. Gitar merupaka satu diantara sumber bunyi. Bunyi terhadap gitar berkunjung berasal dari getaran senar-senar gitar yang dipetik. Waktu kami memetik senar gitar jadi senar gitar dapat bergetar, getaran ini dapat mengusik partikel hawa dalam rongga gitar. Rongga terhadap gitar berperan menyimpan gelombang yang dibuat oleh senar gitar. Gelombang bunyi ini dapat memantul pas berkenaan dinding rongga gitar hingga gelombang ini dapat alami penguatan. Hal semacam ini memicu cuplikan senar gitar terdengar nyaring. Sumber bunyi terhadap manusia berkunjung berasal dari getaran pita nada dalam kerongkongan. Cobalah pegang kerongkonganmu pas bicara! 

2. Medium rambat bunyi 
Medium rambat bunyi yakni gelombang yang merambat terhadap frekwensi tertentu dapat menggetarkan gendang telinga kemudian berikan info ke otak sebagai bunyi spesifik. Saat satu sumber bunyi bergetar jadi molekul-molekul hawa di kira-kira sumber bunyi itu dapat bergetar memicu rapatan serta renggangan hingga gelombang longitudinal. Medium perambat bunyi mampu berwujud hawa, air serta benda padat. 

3. Ada pendengar 
Pendengar adalah fasilitas terhadap siapa bunyi itu dapat hingga. Seseorang pendengar mampu dengarkan bunyi karena tersedia frekwensi bunyi yang mampu di tangkap oleh alat pendengarannya. 

Berdasar terhadap frekwensinya, gelombang bunyi mampu dibedakan jadi 3 sisi, yakni : 
Gelombang infrasonik yakni gelombang yang mempunyai frekwensi di bawah 20Hz, yang mampu mendengar dalam frekwensi itu salah satunya yakni anjing. 
Gelombang Audiosonik yakni gelombang bunyi yang mempunyai frekwensi terhadap 20 Hz – 20. 000 Hz, yang mampu mendengarkannya yakni manusia. 
Gelombang Ultrasonik yakni gelombang bunyi yang mempunyai frekwensi diatas 20. 000 Hz, yang mampu mendengar bunyi terhadap frekwensi ini yakni kelelawar serta lumba-lumba. 

KARAKTERISTIK GELOMBANG BUNYI 

Suara, yakni bunyi yang frekwensinya teratur. Umpamanya alat musik yang dimainkan. 
Desah, bunyi yang mempunyai frekwensi tak teratur. Umpamanya bunyi gemerisik daun yang gertiup angin 
Timbre/warna bunyi, yakni gabungan 2 nada yang mempunyai frekwensi yang mirip namun bunyinya lain. Umpamanya 2 alat musik tidak mirip yang dimainkan bersama memicu satu lagu. 
Dentum, yakni bunyi yang terdengar singkat namun begitu kuat. Umpamanya bunyi petasan, pistol, atau bom. 

CEPAT RAMBAT BUNYI 

Kecepatan rambat bunyi tidak mirip terkait terhadap medium rambat yang dilaluinya. Pada umumnya, cepat rambat bunyi mampu dirumuskan layaknya tersebut : 

Formula


  • Jika gelombang bunyi merambat melalui zat cair, cepat rambat bunyi dihitung menggunakan rumus:
v=Bρ
keterangan:
v = Cepat rambat gelombang bunyi
B = Modulus Bulk
ρ = Masa jenis zat
  • Jika gelombang bunyi merambat melalui zat padat maka cepat rambat bunyi dihitung menggunakan rumus :
v=Yρ
keterangan:
Y = Modulus Young
ρ = Masa jenis zat
  • Jika gelombang bunyi merambat melalui gas/udara maka cepat rambat bunyi dihitung menggunakan rumus :
V=ƔR.TM
keterangan:
Ɣ = Konstanta Laplace
R = konstanta gas umum (8,31×103j/molK)
T = suhu mutlak
M = berat molekul (Kg/mol)
rumus cepat rambat bunyi
V=st
keterangan:
V = Cepat rambat
s = jarak
t = waktu
rumus cepat rambat gelombang:
v=λ×f=ω/k
keterangan:
λ = panjang gelombang
f = frekuensi
ω = Frekuensi sudut
k = bilangan gelombang (k=2π/λ)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel