Contoh Soal Pengertian dan Proses Pembentukan Barang Tambang

Contoh Soal Pengertian dan Proses Pembentukan Barang TambangBarang tambang disebut juga sebagai mineral didefinisikan sebagai bahan padat anorganik yang terdapat di alam secara alamiah dan mengandung unsur – unsur kimiawi dalam perbandingan tertentu. Proses pembentukan mineral atau bahan tambang dapat digolongkan sebagai berikut :
• Proses magmatik
Proses pembentukan bahan tambang atau mineral dengan cara pemisahan magma yang diakibatkan oleh pendinginan dan penurunan temperatur yang mengakibatkan pembentukan satu atau lebih batuan beku. Contoh mineral yang terbentuk melalui proses ini antara lain platina, timah, intan dan tembaga.
• Proses pengendapan dan pelapukan
Proses ini terjadi karena adanya perubahan sifat fisik dan kimia pada batuan penyusun kerak bumi yang diakibatkan proses perubahan di atmosfer dan hidrosfer. Contoh mineral yang terbentuk melalui proses ini adalah kaolin.
• Proses hidrotermal
Proses pembentukan mineral karena pengendapan larutan sisa magma yang keluar melalui rekahan bumi pada temperatur yang rendah. Contoh mineral yang terbentuk melalui proses ini adalah kuarsa, klorit, dan kalkosit.
• Proses Pegmatit
Proses ini adalah lanjutan dari proses magmatik, dimana larutan sisa magma mengalami pendinginan atau penurunan temperatur. Contoh mineral yang terbentuk melalui proses ini adalah grafir, kuarsa dan ferit.
• Proses karbonatit
Proses pembentukan batuan sedimen yang disusun oleh mineral – mineral karbonat.
• Skarn
Proses pembentukan mineral pada batuan samping yang melibatkan kontak antara batuan sumber dan batuan karbonat.
• Sublimasi
Proses pembentukan mineral dan batuan yang terjadi akibat proses pemadatan dari uap atau gas yang berasal dari magma. Contoh mineral yang terbentuk melalui proses ini adalah sulfur
Untuk beberapa jenis bahan tambang yang berasal dari fosil, proses pembentukannya dapat dijelaskan sebagai berikut :
a) Proses pembentukan minyak dan gas bumi berasal dari sisa-sisa organisme laut yang diendapkan selama jutaan tahun. Organisme laut tersebut antara lain plankton, ganggang, dan foraminifera. Jasad organisme laut terendapkan oleh lumpur yang semakin lama semakin menebal. Akibat tekanan gas dan panas dari bumi maka sisa-sisa organisme tersebut berubah menjadi cair. Minyak akan merembes dan berkumpul pada lapisan batuan yang melengkung (antiklin). Pada lapisan ini, gas alam berada diatas lapisan minyak. Karenanya di setiap proses penambangan minyak bumi akan dijumpai juga cadangan gas alam dengan jumlah yang memadai.
b) Proses pembentukan batubara berasal dari sisa-sisa tumbuhan yang mengalami proses sedimentasi selama jutaan tahun. Tumbuhan tersebut tergenang oleh air pada rawa-rawa kemudian tertutup oleh endapan sedimen. Endapan ini akan membentuk lumpur organik yang lambat laun akan mengeras dan berubah menjadi gambut. Seiring dengan bertambahnya waktu, gerakan lapisan kulit bumi menyebabkan tekanan terhadap gambut yang mengakibatkan bertambah keras gambut tersebut. Pergerakan dan pergeseran lapisan kulit bumi menyebabkan gambut yang keras mengalami proses penggarangan lalu disebut batubara. Proses terbentuknya batubara disebut juga coalification. Proses pembentukan batubara dipengaruhi oleh topografi, iklim, cekungan sedimentasi, jenis tumbuhan, dan umur geologi.
c) Untuk mineral, proses pembentukannya dapat dideskripsikan secara umum berhubungan dengan aktivitas magma. Magma merupakan larutan silikat yang berasal dari dalam bumi. Magma mengandung banyak unsur kimia baik berupa logam, semi logam maupun non logam (gas). Proses pembentukan mineral dapat berupa proses kristalisasi magma, sublimasi, metasomatisme kontak, dan hydrothermal. Selain akibat pembentukan magma, mineral juga terbentuk akibat pelapukan batuan, baik secara fisik misalnya pasir kuarsa, hasil pelapukan secara kimia misalnya fosfat. Hasil pelapukan diangkut dan diendapkan ditempat lain.

Contoh Soal Pengertian dan Proses Pembentukan Barang Tambang

Keberadaan barang tambang terjadi secara ....
Pembentukan tembaga terjadi melalui proses ....
Pembentukan mineral karena pengendapan larutan sisa magma yang keluar melalui rekahan bumi pada temperatur rendah adalah proses pembentukan secara ...
Pembentukan mineral atau bahan tambang secara pegmatit adalah kelanjutan dari proses pembentukan ....
Proses pembentukan mineral dan batuan yang terjadi akibat proses pemadatan dari uap atau gas yang berasal dari magma disebut dengan ....
Minyak bumi dan gas alam terbentuk dari ....
Antiklin berhubungan dengan proses pembentukan ....
Dalam setiap proses penambangan minyak bumi akan dijumpai potensi tambang lainnya di daerah sekitar. Bahan tambang yang dimaksud adalah ....
Coalification berhubungan dengan proses pembentukan ....
Mineral dapat terbentuk melalui proses ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel