Contoh Soal Menulis Rumus Senyawa Molekul dari Nama IUPAC-nya

Contoh Soal Menulis Rumus Senyawa Molekul dari Nama IUPAC-nyaInternational Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) sistem penamaan untuk senyawa molekul biner (molekul terikat secara kovalen antara dua atom non-logam yang berbeda) melakukan dua hal: nama atom dalam molekul dan memberikan jumlah hadir masing-masing atom 
Dengan demikian, ketika bekerja dari nama rumus, Anda harus mempertimbangkan dua hal:. 
Pertama, mengidentifikasi atom yang ada. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan tabel periodik. Perhatikan bahwa nama elemen kedua dalam rumus memiliki nama yang berubah menjadi berakhiran "-ida". Sebagai contoh, klor adalah klorida, fluor adalah fluorida. 
Div>
Langkah kedua adalah untuk mengidentifikasi prefiks digunakan untuk memberikan jumlah setiap atom dalam molekul. Awalan meliputi: 
mono/mon -1 ini hanya digunakan dalam kasus hanya ada satu atom kedua, tunggal atom pertama tidak diawali. Sebagai contoh, CO adalah karbon monoksida bukan monocarbon monoksida
di -. 2 karbon dioksida - CO 2
tri - 3 triklorida belerang - SCl 3
tetra - 4 karbon tetraklorida - CCl 4
penta - 5
hexa - 6 
urutan penulisan atom dalam rumus dan nama mereka ditentukan oleh posisi mereka dalam Tabel Periodik. Atom ke kiri pada Tabel Periodik pergi pertama dan jika dua atom berada di Grup (kolom) yang sama, elemen yang lebih rendah di Grup biasanya pergi dulu. 
Satu-satunya pengecualian seperti adalah hidrogen, yang untuk tujuan penamaan dan menulis rumus kadang-kadang dianggap berada di atas fluor dalam Grup 17 (VII), halogen. 

Contoh Soal Menulis Rumus Senyawa Molekul dari Nama IUPAC-nya




Rumus silikon dioxide adalah:
Rumus dinitrogen monoksida adalah:
Rumus iodin triklorida adalah:
Rumus karbon tetrabromida adalah:
Rumus sulfur hexafluorida adalah
Rumus fosforus pentaklorida adalah:
Rumus karbon tetrahidrid adalah:
Rumus dinitrogen tetroksida adalah:
Rumus dinitrogen trioksida adalah:
Rumus difosforus pentoksida adalah:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel