Contoh Soal Teknologi yang Merusak Lingkungan

Contoh Soal Teknologi yang Merusak LingkunganPada topik sebelumnya, kita telah membahas mengenai teknologi yang ramah lingkungan. Kita tentu telah mengerti bahwa teknologi yang ramah lingkungan adalah teknologi yang menggunakan bahan dasar yang dapat diperbarui dan tidak menghasilkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan. Apabila suatu teknologi menggunakan bahan dasar yang tidak dapat diperbarui dan menghasilkan limbah yang berbahaya, maka teknologi itu tergolong sebagai teknologi yang tidak ramah lingkungan. Teknologi yang tidak ramah lingkungan dalam penerapannya, tidak memperhatikan kelestarian lingkungan.
            Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai dua contoh teknologi yang tidak ramah lingkungan. Kedua jenis teknologi itu adalah teknologi pengolahan minyak bumi dan teknologi pengolahan batubara. Seperti apakah kedua teknologi tersebut? Mari kita pelajari.
Teknologi Pengolahan Minyak Bumi
            Minyak bumi adalah kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat karena berbagai keperluan yang bergantung kepada minyak bumi. Kita membutuhkan minyak untuk memasak makanan, untuk transportasi masyarakat dan barang, membuat berbagai produk sehari-hari seperti plastik, lilin hingga aspal.
            Minyak bumi didapatkan dari bumi berupa minyak mentah atau biasa disebut petroleum. Minyak mentah tersebut harus diolah lagi untuk dapat menjadi berbagai produk yang bisa digunakan. Ada dua jenis minyak yang dapat ditemukan di bumi yaitu light crude oil dan heavy crude oil.
            Light crude oil adalah minyak mentah berupa cairan hitam yang lengket yang berada di dalam bumi. Minyak ini terbentuk dari pembusukan makhluk hidup yang telah mati pada jutaan tahun yang lalu. Minyak hasil pembusukan mahkluk hidup tersebut berada di bawah lapisan bebatuan tanah atau di dasar laut. Jenis minyak ini terdapat sebanyak 30% dari persediaan minyak bumi yang ada di bumi.
            Untuk bisa mengambil minyak mentah jenis light crude oil, kita harus mengebor bumi dan mengeluarkan minyak yang terdapat di dalam lapisan bumi dengan cara dipompa. Jika terus menerus diambil, maka persediaan minyak tersebut akan habis. Setelah dipompa keluar, minyak ini akan disalurkan menggunakan pipa atau kendaraan pengangkut menuju ke kilang minyak. Di kilang minyak, dilakukan pengolahan minyak mentah dengan cara dipanaskan. Minyak mentah dipanaskan dan dipisahkan menjadi berbagai produk berdasarkan titik didihnya. Proses tersebut umumnya disebut penyulingan minyak.
            Jenis lain dari minyak bumi yang merupakan 70% persediaan minyak di bumi adalah heavy crude oilHeavy crude oil adalah minyak mentah yang terkandung di dalam batuan atau pasir minyak. Heavy crude oil bercampur dengan minyak dan banyak mengandung unsur sulfur. Minyak jenis ini banyak terdapat di Kanada.
            Proses pengambilan minyak yang terkandung di pasir minyak dan bebatuan ini memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Untuk melakukan penambangan, harus dilakukan penebangan hutan terlebih dahulu, kemudian aliran sungai dialirkan dan aliran air dikeringkan. Selanjutnya, timbunan tanah, bebatuan dan pasir digali untuk dapat mengambil pasir minyak. Dalam proses tersebut, dilakukan berbagai kegiatan yang membahayakan lingkungan dan menyebabkan ekosistem rusak. Selain itu, dihasilkan berbagai polusi udara dalam skala besar seperti debu, uap, asap dan bau. Bekas galian tanah juga menyebabkan adanya genangan air dan minyak yang beracun bagi makhluk hidup. Sudah banyak hewan yang berusaha meminum air genangan yang bercampur minyak tersebut dan mati.
            Metode pengolahan minyak mentah sangat tidak efetif, merusak lingkungan dan kotor. Dengan begitu, kondisi lingkungan menjadi rusak dan menimbulkan bahaya bagi makhluk hidup lainnya.
Teknologi Pengolahan Batubara
            Batubara merupakan bahan bakar fosil tanaman darat berbentuk padat yang tertimbun kemudian mendapat panas dan tekanan selama 300 hingga 400 juta tahun. Batubara sudah digunakan oleh masyarakat dunia sejak ratusan tahun yang lalu. Batubara digunakan sebagai sumber energi dalam berbagai kebutuhan, misalnya untuk menghasilkan panas dari pembakaran batubara, sebagai bahan bakar peralatan pembuatan besi, baja, semen dan produk lainnya.
            Saat ini, batubara masih banyak digunakan untuk menjadi bahan bakar di berbagai industri di dunia. Di Cina, Amerika Serikat dan India, sebagian besar industri menggunakan batubara sebagai bahan bakar utama. Di Indonesia sendiri, batubara banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk menjalankan mesin pembangkit listrik.
            Di dalam pembakaran batubara, banyak dihasilkan karbon dan sulfur sebagai sisa pembakaran. Jumlah karbon dan sulfur yang dilepaskan ke udara sangat banyak, sehingga menyebabkan polusi udara, memicu pemanasan global dan hujan asam. Pembakaran batubara juga menghasilkan partikel asap hitam (gas natrium klorida) yang sangat banyak. Jika partikel tersebut masuk ke paru-paru, dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan. Proses produksi batubara juga banyak merusak tanah, air dan udara. Pada saat pengolahan batubara sebelum bisa digunakan, dihasilkan sampah zat berbahaya yang mencemari lingkungan. Hal itu disebabkan karena batubara merupakan bahan bakar yang paling kotor di antara bahan bakar lainnya.



Contoh Soal Teknologi yang Merusak Lingkungan

Minyak mentah dapat diolah menjadi berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, avtur dan aspal. Prinsip dasar dalam pengolahan minyak mentah tersebut adalah ....
Pembakaran batubara untuk digunakan sebagai bahan bakar banyak menghasilkan efek negatif. Salah satu efek negatif pembakaran batubara adalah ....
Karbon adalah senyawa kimia yang bersifat memantulkan panas. Jika hasil pembakaran batubara banyak menghasilkan karbon, maka efek negatif yang disebabkan oleh banyaknya karbon yang dihasilkan adalah ....
Minyak mentah yang ditambang dari pasir minyak akan menyebabkan air menjadi beracun karena ....
Salah satu jenis minyak bumi adalah ....
Minyak bumi adalah hasil pembusukan fosil makhluk hidup yang berlangsung selama jutaan tahun. Jika persediaan minyak bumi habis, maka tidak akan dapat dihasilkan kembali dalam waktu singkat. Oleh karena itu, alternatif yang dapat dilakukan untuk menanggulangi kehabisan minyak bumi adalah ....
Produk minyak bumi yang dipanaskan dengan suhu 2000C adalah ....
Jenis minyak bumi yang mencakup 30% cadangan minyak di bumi adalah ....
Batubara banyak memberikan dampak negatif bagi lingkungan karena ....
Pembakaran batubara menghasilkan senyawa sulfur. Senyawa sulfur tersebut dapat menyebabkan ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel