Contoh Soal Teknologi Ramah Lingkungan

Contoh Soal Teknologi Ramah LingkunganLingkungan tempat kita tinggal merupakan aspek kehidupan yang sangat penting untuk dijaga. Jika kondisi lingkungan kita menjadi rusak dan tercemar, maka kehidupan kita juga menjadi terganggu. Sebagai contoh, udara yang tercemar akan menggangu sistem pernapasan kita. Limbah hasil industri juga memberikan efek kerusakan tanah yang membuat produksi pertanian menjadi menurun.
            Saat ini, banyak teknologi yang kita gunakan menyebabkan kerusakan bagi lingkungan. Untuk menjaga kelestarian lingkungan, kita harus menggunakan teknologi yang mendukung kelestarian lingkungan. Oleh karena itu, telah dikembangkan berbagai teknologi yang dapat mengurangi efek negatif terhadap kerusakan lingkungan. Teknologi yang dikembangkan tersebut dikenal dengan istilah teknologi ramah lingkungan.
            Teknologi ramah lingkungan adalah bentuk penerapan teknologi yang memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan. Teknologi tersebut bertujuan untuk memberi kemudahan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Teknologi ramah lingkungan memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak menghasilkan limbah yang membahayakan lingkungan. Selain itu, teknologi ramah lingkungan juga dapat menggunakan bahan yang dapat didaur ulang.
            Teknologi ramah lingkungan telah diterapkan diberbagai bidang kehidupan, antara lain di bidang energi, transportasi, lingkungan, dan industri.

Bidang Energi

Penerapan teknologi ramah lingkungan di bidang sumber energi antara lain:

Biofuel

            Biofuel adalah teknologi pengolahan bahan organik berupa tumbuhan untuk menjadi bahan bakar. Bahan bakar biofuel yang telah dibuat saat ini adalah etanol dan biodiesel. Etanol dihasilkan dari berbagai jenis tanaman berkarbohidrat tinggi yang difermentasikan. Sementara biodiesel adalah bahan bakar yang dihasilkan dari lemak nabati. Sisa pembakaran dari etanol dan biodiesel ini lebih ramah lingkungan karena kadar racun yang dihasilkan rendah.

Biogas

            Biogas adalah teknologi produksi gas untuk bahan bakar yang berasal dari fermentasi berbagai bahan organik. Gas yang digunakan untuk menjadi bahan bakar adalah gas metana. Gas metana dihasilkan dari fermentas urin dan kotoran hewan ternak.

Panel Surya

            Panel surya adalah teknologi yang digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Panel surya menggunakan lempengan silikon setebal kertas yang menyerap cahaya matahari, kemudian dialirkan ke suatu sistem pengubah energi cahaya tersebut menjadi energi listrik.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (Hydropower)

            Pembangkit listrik tenaga air menggunakan gerakan air untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik melalui generator. Selama turbin bergerak, generator akan menghasilkan listrik.

Pembangkit Listrik Tenaga Pasang Surut Air Laut

            Teknologi pembangkit listrik tenaga pasang surut air laut ini memanfaatkan arus air laut yang tinggi. Dengan begitu, dapat dihasilkan energi listrik yang besar.

Pembangkit Listrik Tenaga Angin

            Pembangkit listrik tenaga angin memanfaatkan kekuatan angin untuk memutar kincir yang dipasang pada ketinggian tertentu. Putaran kincir akan menghasilkan listrik.

Geotermal

            Tekanan udara panas yang dihasilkan oleh lapisan dalam bumi dapat dimanfaatkan untuk memutar turbin sehingga dapat menghasilkan listrik. Tekanan udara panas tersebut akan menghasilkan uap yang memiliki kekuatan untuk memutar turbin. Pembangkit listrik tenaga uap adalah sebutan untuk teknologi geotermal.

Bidang Transportasi

Penerapan teknologi ramah lingkungan pada bidang transportasi meliputi:

Kendaraan Hidrogen

            Kendaraan hidrogen adalah kendaraan yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar penggerak mesin. Di dalam kendaraan dipasang peralatan yang mengubah energi kimia dari hidrogen menjadi energi mekanik untuk mengerakkan mesin. Saat ini telah banyak kendaraan yang dikembangkan dengan menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar, misalnya sepeda hidrogen, mobil hidrogen hingga pesawat berbahan bakar hidrogen.

Mobil Bertenaga Matahari (Surya)

            Mobil bertenaga surya menggunakan energi cahaya matahari sebagai penggerak mesin mobil. Beberapa mobil menggunakan baterai yang menyimpan energi listrik yang didapatkan dari energi matahari.

Mobil Listrik

            Mobil listrik menggunakan energi listrik sebagai penggerak mesin mobil. Energi listrik disimpan di dalam baterai mobil, sehingga mobil memiliki cadangan energi.

Bidang Lingkungan

Teknologi ramah lingkungan yang diterapkan di bidang lingkungan meliputi:

Biopori

            Biopori adalah lubang resapan air yang dibuat untuk memperluas wilayah resapan air. Dengan adanya biopori, maka air dapat dialirkan ke saluran ke dalam tanah ataupun ke saluran air, sehingga air tidak tergenang dan mencegah banjir.

Fitoremediasi

            Fitoremediasi (fito=tumbuhan) adalah pemanfaatan tumbuhan sebagai penyerap berbagai bahan inorganik yang berbahaya bagi lingkungan. Tumbuhan tertentu digunakan untuk menyerap bahkan menghilangkan bahan berbahaya seperti logam, pestisida, minyak, zat racun hingga zat radioaktif. Sehingga lingkungan yang tercemar dapat menjadi bersih kembali.

Teknologi Pemurnian Air

            Teknologi pemurnian air digunakan untuk menghasilkan air yang bebas dari polutan dan zat beracun. Sehingga dihasilkan air yang bersih. Teknologi ini dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai sumber air yang telah tercemar oleh limbah.

Bidang Industri

            Teknologi ramah lingkungan yang telah diterapkan di bidang industri adalah teknologi biopulping. Teknologi biopulping adalah teknologi untuk menguraikan limbah secara alami dengan menggunakan mikroorganisme. Dengan menggunakan mikroorganisme, limbah dapat diuraikan dengan cepat dan aman.




Contoh Soal Teknologi Ramah Lingkungan

Contoh aplikasi teknologi ramah lingkungan pada bidang lingkungan adalah ....
Teknologi yang menyediakan energi alternatif dengan menggunakan sumber daya tumbuhan adalah ....
Teknologi yang memanfaatkan panas dari lapisan dalam bumi untuk menjadi energi listrik adalah ....
Matahari adalah sumber energi yang sangat besar dan bermanfaat. Saat ini, kebutuhan energi listrik di Indonesia sangat rentan, karena pasokan energi listrik yang tidak memadai. Alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan kebutuhan energi tersebut adalah ....
Kendaraan berikut ini yang paling ramah lingkungan adalah ....
Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah ....
Salah satu manfaat biopori adalah ....
Permasalahan limbah beracun dapat diatasi dengan ....
Suatu teknologi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Menggunakan angin sebagai penggerak kincir
  2. Kincir berada di lokasi yang tinggi
  3. Gerakan kincir menghasilkan listrik
nama teknologi tersebut adalah ....
Limbah pabrik dapat diuraikan dengan menggunakan mikroorganisme. Teknologi untuk menguraikan limbah dengan menggunakan mikroorganisme disebut adalah sebagai berikut:
  1. Menggunakan bahan dasar yang dapat didaur ulang
  2. Menghasilkan limbah yang berbahaya
  3. Menggunakan bahan dasar yang dapat diperbarui
  4. Menghasilkan limbah yang tidak berbahaya
Ciri-ciri teknologi ramah lingkungan adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel