Contoh Soal Persilangan Monohibrid

Contoh Soal Persilangan Monohibrid Pada topik sebelumnya kalian telah belajar tentang hukum pewarisan sifat, yaitu hukum Mendel I. Hukum tersebut menjelaskan adanya persilangan monohibrid. Nah, berikut ini penjelasannya. Sebelum masuk dalam persilangan, kalian harus memahami simbol tertentu seperti berikut.
section-media
        Persilangan monohibrid adalah persilangan antara dua individu sejenis dengan satu sifat beda. Misalnya persilangan antara jeruk yang berbuah manis dengan jeruk yang berbuah masam, persilangan antara kucing berambut hitam dengan kucing berambut putih. Sifat keturunan yang dapat kalian amati secara langsung, misal warna, ukuran, dan bentuk disebut sebagai fenotip, contohnya bunga mawar berwarna merah. Sifat dasar yang tidak tampak dan tetap---artinya tidak berubah-ubah karena lingkungan---pada suatu individu dinamakan genotip (misalnya AA,aa). Anggota dari sepasang gen yang mempunyai pengaruh berlawanan disebut dengan alel. Misalnya M mentukan sifat manis pada jeruk dan m menentukan sifat masam pada jeruk. Dengan demikian, M dan m disebut alel.


        Mendel melihat dua sifat dari karakter warna bunga tanaman kacang kapri, yaitu warna ungu dan putih. Jika kacang kapri berbunga ungu disilangkan dengan kacang kapri berbunga putih, maka hasilnya akan 100% tanaman berwarna ungu. Akan tetapi, jika hasil dari persilangan itu (ungu) dikawinkan dengan sesamanya, maka keturunannya akan menunjukkan 75% berbunga ungu dan 25% berwarna putih. Perhatikan skema persilangan berikut.
section-media

a. Monohibrid dominan penuh

Monohibrid adalah persilangan dua individu sejenis yang memperhatikan satu sifat beda dan gen-gen yang dominan. Sifat dominan ini dapat dilihat secara mudah, yaitu sifat yang lebih banyak muncul pada keturunan daipada sifat lainnya yang sealel. Dari penelitiannya, Mendel menyatakan pokok pikirannya sebagai berikut.


  • Ciri suatu organisme ditentukan oleh sepasang faktor keturunan (gen) yang berasal dari induk jantan atau induk betina.
  • Setiap pasangan gen menunjukkan ciri alternatif sesamanya, misalnya tinggi dengan pendek, merah dengan putih.
  • Jika terdapat bersama-sama alel yang dominan akan menutupi alel yang resesif.
  • Pada waktu pembentukan gamet (sel kelamin), pasangan gen induk (parental) akan memisah ke dalam dua sel anak sel anak secara bebas. Setiap gamet berisi salah satu gen dari pasangan gen tersebut.


b. Monohibrid intermediet

Monohidrid intermediet adalah persilangan antara dua individu sejenis yang memperhatikan satu sifat beda dengan gen-gen intermediet. Jika tumbuhan berbunga merah disilangkan dengan tumbuhan sejenis berbunga putih, maka keturunan F1 yang dihasilkan berbunga merah muda dan dikatakan bunga merah muda bersifat intermediet.

Contoh Soal


Tentukan pewarisan sifat pada persilangan antara jeruk dengan rasa manis dengan jeruk rasa masam!
Penyelesaian
section-media
section-media
Jadi, sifat yang muncul dari persilangan tersebut adalah 75% jeruk rasa manis dan 25% jeruk rasa masam.



Contoh Soal Persilangan Monohibrid

Perkawinan silang yang melibatkan satu sifat beda disebut ....
Simbol untuk induk biasanya ditulis dengan ....
Sifat keturunan yang dapat kalian amati disebut ....
Pernyataan yang kurang tepat untuk monohibrid dominan penuh adalah ....
Sifat keturunan berikut yang tidak bisa kalian amati adalah ....
Genotip yang disusun oleh gen-gen sama dari tiap jenis gennya disebut ....
Jika gen induk betina mempunyai pasangan gen dominan yang sama---contoh MM---, maka dikatakan gennya ....
Persilangan jambu pahit dengan jambu masam, akan menghasilkan perbandingan fenotip ....
Persentase fenotip pada keturunan pertama hasil persilangan antara buncis berbiji bulat (BB) dengan buncis berbiji lonjong (bb) adalah ....
Jika F1 disilangkan sesamanya, maka akan menghasilkan keturunan ke dua yang dilambangkan ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel