Contoh Soal Manfaat Persilangan bagi Manusia

Contoh Soal Manfaat Persilangan bagi ManusiaSejak lama manusia telah berusaha untuk mengubah sifat makhluk hidup sesuai dengan yang diinginkan. Mereka melakukan persilangan dan seleksi pada hewan dan tumbuhan yang diperluka. Kini seiring dengan kemajuan dan pengembangan dari ilmu pengetahuan, untuk mengubah sifat makhluk hidup telah ada teknik tersendiri, misalnya dengan rekombinasi genetik. Oleh karena itu, pada materi ini akan dipelajari manfaat persilangan bagi manusia.
        Manfaat dari mempelajari persilangan (genetika) adalah agar kita dapat mengetahui sifat-sifat dari masing-masing individu atau setiap makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar kita. Disebut dengan ilmu genetika karena merupakan ilmu keturunan (pewarisan sifat).
        Genetika dapat dijadikan sebagai ilmu pengetahuan murni maupun terapan. Sebagai ilmu pengetahuan murni, genetika harus ditunjang dengan ilmu-ilmu lainnya atau ilmu dasar yang lainnya, misalnya kimia, fisika, dan juga ilmu pengetahuan dasar dalam biologi itu sendiri, seperti biokimia, fisiologi, anatomi, dan sebagainya. Genetika ini merupakan ilmu terapan yang dapat menunjang banyak kegiatan bidang ilmah dan pelayanan pada masyarakat.
Genetika dapat dipakai oleh manusia pada bidang-bidang yang lainnya, diantaranya sebagai berikut.
1. Pertanian
Dalam bidang ini, manusia memanfaatkan ilmu genetika untuk mempelajari bagaimana mencari bibit unggul suatu tanaman produksi. Biasanya dengan cara transgenik. Organisme transgenik merupakan organisme yang mendapatkan pindahan gen pada organisme lain. Gen yang ditransfer ini dapat berasal dari jenis (spesies) lain, misalnya dari bakteri, virus, hewan, bahkan dapat juga dari tanaman lain.
        Tujuan dari pemindahan gen ini adalah untuk mendapatkan organisme baru yang mempunyai sifat yang lebih baik dan sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya tanaman yang tahan terhadap serangan hama penyakit sehingga produksi dari tanaman dapat meningkat. Hal ini dilakukan untuk kesejahteraan manusia. Selain itu dengan adanya rekayasa genetika ini, tanaman dapat hidup dalam kondisi lingkungan yang ekstrem. 
2. Kedokteran 
Dalam dunia kedokteran, ilmu yang sekarang paling populer adalah genetika, yaitu tentang genetika manusia. Genetika bermanfaat untuk penentuan jenis kelamin dan pewarisan sifat terpaut seks, misalnya butawarna dan hemofilia. Genetika dapat juga dimanfaatkan untuk rekayasa genetik seperti kloning karena untuk perkembangbiakan makhluk hidup bagi individu (turunan) yang sama persis sama. 
        Genetika ini diperlukan untuk mengetahui kelainan atau penyakit keturunan yang disebabkan adanya pewarisan sifat dan usaha dalam mencari cara untuk menanggulanginya serta menelusuri sifat keturunan seseorang misalnya golongan darah. Golongan darah ini biasanya diperlukan untuk penelitian warisan harta dan kriminalitas.
        Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan insulin. Insulin ini nantinya dimanfaatkan manusia untuk mengobati penyakit diabetes. Untuk mendapatkan insulin yang sama dengan manusia biasanya digunakan rekombinasi gen.
3. Kedokteran hewan dan peternakan 
Pada bidang ini, genetika dimanfaatkan untuk mengetahui kelainan pada keturunan. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mengetahui asal-usul suatu hewan ternak. Pada bidang kedokteran, hewan juga dapat digunakan sebagai cara untuk mendapat turunan unggul dengan cara menghilangkan sifat-sifat yang kurang baik pada suatu individu.
4. Psikologi dan antropologi
Dalam bidang ini, genetika juga bermanfaat karena dapat mempelajari masalah psikologi manusia, asal-usul dari suatu bangsa, dan bagaimana hubungan kerabatnya serta pengaruh sifat genetis seseorang dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkungan hidupnya.




Contoh Soal Manfaat Persilangan bagi Manusia

Pengertian dari genetika adalah ….
Tokoh yang dinobatkan sebagai bapak genetika adalah ....
Sifat yang tampak pada suatu organisme pada dasarnya ....
Tujuan dari pemindahan gen, kecuali ....
Keturunan F2 yang menghasilkan perbandingan genotip 3 : 1 adalah dari ....
Manfaat golongan darah manusia yang kurang tepat adalah ….
Mendapatkan bibit yang unggul dan baik dapat dilakukan dengan ....
Petani semangka lebih memilih semangka tanpa biji karena banyak diminati oleh masyarakat. Petani pun selalu membeli benih semangka itu. Dampak yang dirasakan oleh petani tersebut adalah ....
Manusia semakin bergantung pada teknologi yang ada dan kita bisa mendapatkan yang kita inginkan tanpa harus memahami dan mempelajari ilmunya. Rekayasa genetika akan menyebabkan ....
Keberhasilan rekayasa genetika menghasilkan tumbuhan unggul dan pengembangan hasilnya terus menerus telah meningkatkan kekhawatiran banyak kalangan, terutama ahli biologi karena .…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel