Contoh Soal Kegunaan Elektromagnet

Contoh Soal Kegunaan Elektromagnet Jika pada topik sebelumnya kalian telah belajar tentang elektromagnet, nah pada topik kali ini kalian akan belajar tentang kegunaan elektromagnet. Pada topik sebelumnya kalian telah mengenal kegunaan elektromagnet ini, yaitu pada motor listrik dan speaker. Ternyata banyak sekali perangkat elektronik di rumah kita yang kerjanya menggunakan speaker dan motor listrik. Contohnya adalah televisi, radio, blender, dan kipas angin. Dengan demikian, elektromagnet sangatlah berguna dalam kehidupan sehari-hari. Untuk membahas lebih jauh mengenai kegunaan elektromagnet, yuk kita pelajari materi ini.
        Pertama, mari kita ulas kembali pengertian dari elektromagnet. Elektromagnet adalah magnet yang dibuat dengan melilitkan kawat listrik pada besi atau feromagnetik lain. Saat kumparan kawat listrik tersebut dialiri arus listrik, maka akan terbentuk magnet. Nah, magnet inilah yang disebut elektromagnet. Kutub utara dan kutub selatan magnet ditentukan oleh arah arus listrik. Jika arah arus listrik diubah, kutub magnet pun berubah. Nah, salah satu keuntungan dari elektromagnet ini adalah kita dapat mengubah posisi kutub utara dan selatan dari magnet.

♣ Motor Listrik

Mari kita lihat bagaimana sebenarnya fungsi elektromagnet di dalam motor listrik ini. Elektromagnet di dalam motor listrik dapat berubah kutub saat arah arus listrik dirubah. Hal tersebut karena di dalam motor listrik terdapat magnet permanen. Kutub utara magnet permanen tersebut berdekatan dengan kutub utara elektromagnet, sehingga gerakan magnet permanen akan selalu mendorong elektromagnet. Dorongan ini membuat elektromagnet berputar sehingga posisi kutub selatannya mendekati kutub utara magnet permanen. Pada saat kutub selatan elektromagnet mendekati kutub utara magnet permanen, arah arus berubah. Hal Ini yang menyebabkan elektromagnet dapat berputar secara terus menerus. Inilah asal putaran pada motor listrik.
section-media
Gambar 1. Motor listrik dan komponen di dalamnya (Sumber: Wikipedia, gambar berada di bawah lisensi Creative Commons)
Selain motor listrik, alat lain yang memanfaatkan elektromagnet adalah speaker. Mari kita lihat cara kerja speaker ini.

♣ Speaker

Speaker merupakan alat yang digunakan untuk mengeluarkan suara di televisi, radio, dan telepon genggam. Cara kerja speaker adalah sebagai berikut.
section-media
Gambar 2. Bagian dari speaker 1. Magnet permanen, 2. Kumparan, 3 dan 4. Membran speaker (Sumber: Wikipedia, gambar di bawah lisensi Creative Commons)
Di dalam speaker terdapat kumparan yang berisi besi. Besi ini akan menjadi magnet saat kumparan dialiri arus listrik. Kekuatan dan arah aliran listrik di dalam kumparan selalu berubah-ubah. Perubahan ini sesuai dengan suara yang akan dikeluarkan melalui speaker. Akibat perubahan ini, elektromagnet dapat mengalami perubahan kutub dan kekuatan. Hal ini menyebabkan interaksi antara elektromagnet dan magnet permanen dapat berubah-ubah. Interaksi yang terjadi adalah tarik-menarik dan tolak-menolak. Gerakan tarik-menarik dan tolak-menolak inilah yang menggerakkan membran speaker. Gerakan membran speaker inilah kemudian menciptakan suara sesuai aslinya.

Nah, sudah tahu kan bahwa elektromagnet yang kalian pelajari memiliki kegunaan yang cukup penting bagi kehidupan. Selamat Belajar!!



Contoh Soal Kegunaan Elektromagnet

Kipas angin memanfaatkan elektromagnet pada bagian ....
Televisi memanfaatkan elektromagnet pada bagian ....
Perhatikan gambar berikut.
section-media
Berdasarkan gambar di atas, bagian elektromagnet ditunjukkan oleh nomor ....
Bagian motor listrik yang menyebabkan elektromagnet tetap berputar adalah ....
Arus listrik di dalam speaker bisa berubah-ubah karena ....
Akibat perubahan kekuatan arus listrik pada kumparan dalam speaker adalah ....
Elektromagnet di dalam motor listrik dapat berubah kutub karena ....
Jika di dalam motor listrik tidak terdapat motor permanen, maka ....
Kegunaan elektromagnet pada katrol adalah ....
Berikut ini merupakan peralatan yang menggunakan elektromagnet di dalamnya, kecuali ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel