Contoh Soal Struktur dan Kaidah Resensi Buku

Contoh Soal Struktur dan Kaidah Resensi Buku - Pernahkan kalian mendengar kata resensi? Yaa tepat sekali. Resensi disebut juga timbangan buku. Dikatakan timbangan buku karena berisi penilaian sebuah buku, kelayakan buku dimiliki atau tidak, dan kekurangan dan kelebihan sebuah buku. Pada kesempatan kali kita akan belajar tentang sebuah resensi. Mengapa kita harus membaca resensi sebuah buku? Jangan sampai pameo ‘membeli kucing dalam karung’ terjadi pada kita. Ketika membeli buku kita hanya tertarik pada sampulnya saja, atau mencari harga yang murah. Membeli buku hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan kita. Perhatikan bagan resensi di bawah ini!
Contoh 1:
Perhatikan kutipan resensi di bawah ini!
Buku ini berisi banyak tips hidup sehat mulai dari pola makan dan olah raga sederhana apa yang dapat dilakukan setiap hari agar tubuh tetap bugar. Sayangnya, pemakaian bahasa yang bertele—tele dan istilah yang kurang umum membuat pembaca harus membaca berulang-ulang untuk memahami isinya.
Kutipan resensi di atas termasuk pada bagian isi resensi.
Bagian isi resensi berisi:
• Sinopsis buku
• Keunggulan dan kekurangan buku
• Bahasa yang dipakai
Contoh 2:
Kebanyakan buku kumpulan cerita akan menceritakan kumpulan cerita sejenis. Berbeda dengan buku yang satu ini. Buku kumpulan cerita pendek ini mengisahkan banyak cerita. Mulai cerita misteri, fantasi, dan petualangan. Berbagai macam cerita dikemas dalam satu buah tema sehingga terkesan kaya ide dan kreatif.
      Bagian yang dijelaskan di atas termasuk pada bagaian pembukaan resensi. Pada bagian pembukaan dijelaskan beberapa hal yaitu:
• Tema buku yang diresensi
• Pengarang 
• Keistimewaan buku dibanding buku yang lain
• Penerbit buku

Poin Penting

  1. Resensi buku ialah timbangan buku atau penilaian terhadap sebuah buku.
  2. Kegunaan resensi adalah sebagai bahan pertimbangan untuk membeli sebuah buku.
  3. Bagian-bagian resensi buku terdiri atas: a. Judul Resensi b. Identitas buku c. Pembukaan d. Isi resensi e. Penutup
  4. Judul resensi : menarik dan mewakili seluruh tulisan yang akan diresensi
  5. Identitas buku meliputi : a. Judul buku
    b. Pengarang c. Penerbit d. Tahun terbit (cetakan ) e. Tebal buku f. Harga buku
  6. Pembukaan buku meliputi: a. Tema buku yang diresensi b. Pengarang c. Keistimewaan buku dibanding buku yang lain d. Penerbit buku
  7. Isi resensi meliputi: a. Sinopsis buku b. Keunggulan dan kekurangan buku c. Bahasa yang dipakai
  8. Penutup resensi berisi kelayakan buku untuk dimiliki atau tidak.
Contoh Soal Struktur dan Kaidah Resensi Buku



Unsur-unsur di bawah ini yang tidak termasuk dalam identitas buku dalam sebuah resensi ialah ....
Kebermanfaatan buku yang berisi tentang tips belajar matematika sangat cocok dimiliki oleh para ibu muda yang memiliki anak usia 3-7 tahun. Dengan harga yang terjangkau kehadirannya pasti dinantikan oleh putra-putri anda semua.
Bagian yang diresensi pada kutipan di atas adalah bagian ....
Sapardi Djoko Damono adalah penulis dari Surabaya yang banyak melahirkan karya foklor nusantara. Guru besar Fakultas pendidikan bahasa dan seni, UNESA Surabaya ini, meski sudah lama kembali ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Namun, karya-karyanya tetap bisa kita nikmati, salah satunya adalah buku ini.
Kutipan resensi di atas ditulis pada bagian ....
Buku ini menceritakan kesedihan seorang anak karena ditinggal oleh nenek dan pamannya ketika letusan gunung kelud terjadi. Selama beberapa bulan dia hidup dengan mereka karena orang tuanya bertugas ke luar pulau. Setiap kali teringat mereka dia selalu memandangi liontin yang ada di lehernya.
Bagian yang ditulis pada paragraf di atas ialah ....
Tulisan 1:
Berbeda dengan buku resep masakan pada umumnya, buku ini dilengkapi dengan video cara membuat masakan. Dengan demikian, pembaca tidak hanya membayangkan tetapi juga melihat cara dan hasil masakan.
Tulisan 2:
Buku resep masakan ini tidak hanya memuat 100 resep masakan asli nusantara, tetapi juga diberi bonus kumpulan resep kue tradisonal. Dengan harga yang terjangkau buku ini layak untuk dimiliki semua pencinta masakan nusantara.
Kesamaan tulisan 1 dan 2 di atas yaitu ....
Buku panduan praktis cara berpidato ini dapat dikatakan harganya di atas rata-rata. Meski isinya menarik, tetapi penyajiannya kurang bagus karena kertas yang dipakai adalah kertas daur ulang sehingga tulisannya tidak begitu jelas.
Isi resensi di atas termasuk dalam bagian ....
Pada bagian a terdapat judul resensi. Sedangkan pada bagian b terdapat judul buku. Perbedaan keduanya adalah ....
Penulisan tahun terbit dan cetakan buku pada bagian identitas buku yang akan diresensi ditulis berdasarkan ....
Penulisan tebal buku pada identitas buku mengikuti aturan yaitu ....
Gaya bahasa yang dipakai pengarang terkesan pengarang seorang yang sederhana namun berpengetahuan luas. Cerita-cerita yang disajikan juga sangat sederhana namun kaya akan makna kehidupan. Dengan latar cerita jawa menambah sarat akan pesan hidup bagi generasi muda tentang arti sederhana.
Kutipan resensi di atas termasuk dalam ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel