Contoh Soal Menentukan Keunggulan dan Kelemahan Resensi

Contoh Soal Menentukan Keunggulan dan Kelemahan Resensi Keunggulan dan kelemahan resensi dapat dilihat dari unsur-unsur cerita dalam buku. Unsur-unsur cerita tersebut seperti tema, amanat, alur, penokohan, dan sebagainya. Keunggulan dan kelemahan tersebut dijelaskan dengan alasan yang logis. Jika perlu tuliskan bagian cerita atau isi buku yang menunjukkan hal itu.
      Kalimat resensi yang menunjukkan keunggulan buku tentu berisi gagasan yang positif tentang buku tersebut. Kalimat resensi seperti ”Cerita dalam buku ini memberikan inspirasi dan bermanfaat bagi pembaca” merupakan salah satu kalimat resensi yang menunjukkan keunggulan buku. Gagasan dalam kalimat itu menunjukkan penilaian positif terhadap karya tertentu.
      Kalimat resensi yang menunjukkan kelemahan buku dapat diketahui pula dengan memahami gagasan dalam kalimat tersebut. Jika gagasan dalam kalimat berisi penilaian yang negatif tentang suatu karya berarti kalimat resensi tersebut menunjukkan kelemahan buku seperti kalimat ”Pengarang banyak menggunakan istilah asing dalam bukunya sehingga pembaca tidak mampu memahaminya”. Kalimat tersebut menjadi salah satu contoh kalimat resensi yang menjelaskan kelemahan buku. Perhatikan kedua teks berikut ini untuk lebih jelasnya!
Coba bandingkan kedua teks tersebut dan temukan persamaan serta perbedaannya!
      Persamaan kedua teks tersebut merupakan penggalan resensi yang menjelaskan tentang penilaian buku. Pada teks 1, penggalan resensi menjelaskan tentang keunggulan buku. Banyak kalimat dengan gagasan positif tentang buku yang diresensi pada teks tersebut seperti cerita yang ditulis oleh Julie sebagai pengarang buku memang sarat makna dan buku tersebut memang pas dibaca untuk memahami keadaan remaja dan segala problematikanya. Kedua pernyataan tersebut menunjukkan keunggulan dari buku yang ditulis oleh Julie.
      Pada teks 2, penggalan resensi tersebut menjelaskan tentang kelemahan buku. Peresensi menuliskan dengan jelas bahwa kover yang menarik belum tentu menunjukkan isi buku yang menarik pula. Selain itu, peresensi menyatakan bahwa cerita misteri dalam buku tersebut tidak membuat pembaca greget dan sangat hambar. Pernyataan-pernyataan tersebut menunjukkan tentang kelemahan yang dimiliki oleh buku.

Poin Penting

  1. Keunggulan dan kelemahan buku yang diresensi dapat diketahui dengan memahami penilaian peresensi dalam resensi yang ditulisnya.
  2. Keunggulan buku yang diresensi disampaikan peresensi dengan memberikan pernyataan berupa penilaian positif terhadap buku.
  3. Kelemahan buku yang diresensi disampaikan peresensi dengan memberikan pernyataan berupa penilaian negatif terhadap buku.

Contoh Soal Menentukan Keunggulan dan Kelemahan Resensi



Bacalah teks berikut ini dengan saksama!
Korrie Layun Rampan menjadi pengarang pada dekade 1970-an yang mengalami perkembangan dalam proses kepengarangannya. Perkembangannya dilihat dari awal penulisan cerita absurd pada masa Orde Baru yang akhirnya berubah menjadi realis. Realismenya diwujudkan dalam sastra berwarna lokal yang terlihat dalam cerpen-cerpennya salah satunya adalah kumpulan cerpen Kayu Naga. Cerpen-cerpen ini mengangkat tema kemanusiaan yang berjuang di tengah-tengah alam raya. Alam dan lingkungan tidak dapat lestari karena dirusak oleh perusahaan di bidang perkayuan dan tambang. Dalam cerpen ini tokoh-tokoh cerita berusaha berjuang menermukan kehidupan yang sederhana nan unik dan mengandung kearifan tentang kehidupan nenek moyang.
Berdasarkan data buku tersebut jika disusun menjadi kalimat resensi keunggulan kumpulan cerpen adalah ....
Bacalah teks berikut ini dengan saksama!
Mister Unik menjadi seorang pengarang cerpen yang saat ini mulai menunjukkan kepiawaiannya dalam menulis cerita komedi untuk remaja. Sudah cukup banyak karyanya yang dimuat di majalah remaja dan membuat kumpulan cerpen yang sudah dapat dibeli di toko buku terdekat. Kumpulan cerpen yang berjudul Duh, kutersandung ini memang didominasi oleh cerita kekonyolan seorang remaja. Kumpulan cerpen ini pun didomimasi oleh cerita humor. Isi cerita cenderung biasa saja dan tidak semua mengajak pembaca tertawa. Oleh karena itu, cerita menjadi hambar dan tidak seunik nama pengarangnya yang memulai proses kreatifnya dengan menulis blog
Berdasarkan teks tersebut jika disusun menjadi kalimat resensi kelemahan kumpulan cerpen adalah ....
Bacalah teks berikut dengan saksama!
Melalui buku ini, Yoan Destarina mengajak pembaca untuk mengenal hypnoparenting. Dalam kehidupan sehari-hari, hypnoparenting dapat dipraktekkan oleh orangtua kepada anak dengan menyugestikan kalimat-kalimat positif. Selain itu, buku ini cocok dibaca oleh kalangan remaja karena kalimat-kalimat positif dalam buku ini bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Hal yang dikemukakan dalam penggalan resensi tersebut adalah ....
Bacalah penggalan resensi berikut dengan cermat!
Ilustrasi dalam buku ini hanya berorientasi pada kehidupan keluarga yang cocok untuk orangtua. Penulis juga menggunakan banyak istilah asing yang sulit dipahami oleh orangtua atau pembaca pada umumnya. Buku ini memang dapat membantu pembaca memahami cara mendidik anak tetapi sayangnya penulis kurang komunikatif dalam menyampaikannya.
Hal yang dikemukakan dalam penggalan resensi tersebut adalah ....
Bacalah penggalan resensi berikut ini!
Pengarang memang sangat lihai merangkai kata. Pengarang mampu membawa pembaca untuk mengimajinasikan dunia fantasi yang diceritakan oleh pengarang. Dunia fantasi tentang ruang dan waktu di bumi ini digambarkan dengan detail dan seolah-olah dunia fantasi tersebut nyata. Walaupun setiap cerita dalam kumpulan cerpen ini berbeda tetapi ada benang merah yang menyambungkan tentang dunia fantasi yang dibangun oleh salah satu tokoh. Cerita yang sungguh menarik untuk dibaca!
Berikut ini kalimat yang mengungkapkan keunggulan buku kumpulan cerpen, kecuali ....
Bacalah penggalan resensi berikut ini dengan saksama!
Walaupun sudah lama berkarya sebagai seorang pengarang tidak menjamin karya pengarang tersebut dapat menarik untuk dibaca. Mungkin kali ini, pengarang ingin menyampaikan keadaan dirinya yang penuh dengan gejolak dan pertentangan jiwa tetapi pembaca kebingungan dengan arah cerita yang ditulisnya. Cerita sederhana dan memiliki makna yang dalam tidak lagi ditemukan dalam karyanya ini. Pengarang memang memberikan makna yang dalam untuk setiap cerita dalam kumpulan cerpen tersebut tetapi sulit sekali untuk didalami oleh pembaca. Walaupun sarat makna tetapi sulit dipahami pembaca sama saja dengan karya tersebut tak memiliki daya tarik.
Berikut ini kalimat yang mengungkapkan kelemahan buku kumpulan cerpen, kecuali ....
Bacalah penggalan teks berikut ini dengan cermat!
Kekurangan hampir tidak bisa ditemukan dalam buku ini. Tidak hanya penampilan kover dan ilustrasi yang menarik, buku ini memang memberikan inspirasi bagi pembaca. Pembaca dari kalangan mana pun akan mudah memahami maksud dari cerita inspiratif dalam buku ini. Pengarang juga memberikan bumbu humor dalam setiap cerita sehingga pembaca tidak akan merasa bosan dengan alur ceritanya.
Unsur yang dominan dalam penggalan resensi tersebut adalah ....
Bacalah penggalan resensi berikut ini!
(1) Memang begitulah manusia, tak luput dari kesalahan. (2) Pengarang menyampaikan hal itu melalui ceritanya yang inspiratif. (3) Cerita dalam buku ini memberikan pelajaran tentang kehidupan. (4) Hal itu membuktikan bahwa cerita tidak hanya menghibur tetapi juga bermanfaat. (5) Apalagi pengarang yang sudah tak asing ini mampu mengajak pembaca untuk merenungkan berbagai hal.
Kalimat yang menyatakan manfaat dari buku yang diresensi adalah ....
Bacalah penggalan resensi ini dengan saksama!
Buku ini sudah dibaca oleh ribuan orang. Banyak orang yang antusias dengan karya terbarunya ini. Apalagi dalam bukunya ini ada penampilan tokoh baru yang masih teka-teki dalam buku sebelumnya. Tokoh Alex yang menjadi tokoh utama ini menjadi protagonis yang menyuarakan keadilan dan kemanusiaan yang sudah terkikis di dunia ini.
Keunggulan buku yang diresensi tersebut dilihat dari unsur intrinsik cerita berupa ....
Bacalah teks berikut ini dengan cermat!
Buku ini mengetengahkan problematika pendidikan yang terjadi di Indonesia selama 10 tahun terakhir. Walaupun ada perubahan dalam pendidikan di Indonesia, kita tetap saja perlu melihat tolok ukur dari perubahan tersebut. Tolok ukur itu ditunjukkan oleh para peneliti dengan memperhatikan berbagai aspek.
Buku yang diringkas itu membahas ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel