Contoh Soal Kata Penghubung Temporal Antarkalimat

Contoh Soal Kata Penghubung Temporal AntarkalimatPerhatikan beberapa kalimat yang menyatakan kejadian sehari-hari berikut!
Coba kamu susun ketiga kalimat di atas menjadi sebuah paragraf. Susunan kalimat harus tetap berdasarkan urutan paling atas hingga bawah (1-2-3).
      Agar dapat menyusun ketiga kalimat tersebut, tentu kamu harus jeli memerhatikan urutan kejadian dalam kalimat tersebut. Kejadian manakah yang terjadi pertama, kedua, dan ketiga? Untuk dapat menyusunnya, kamu memerlukan kata penghubung. Kata penghubung yang berfungsi menyatakan urutan waktu kejadian seperti di atas adalah kata penghubung temporal.
      Apa itu kata penghubung temporal dan apa saja contohnya? Ikuti pembahasan berikut ini.
       Kata penghubung adalah kata tugas yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat, atau paragraf dengan paragraf. Kata penghubung biasa disebut juga konjungsi. Sebagaimana terlihat dalam definisinya, kata penghubung dibedakan berdasarkan fungsinya menjadi kata penghubung antarkata, antarklausa, antakalimat, atau antarparagraf.
       Kata penghubung antarkalimat adalah kata penghubung yang berfungsi menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya. Jadi, kata penghubung ini selalu terletak di awal kalimat. Berdasarkan fungsi penghubungnya, kata penghubung antarkalimat dibagi menjadi beberapa macam, yaitu kata penghubung yang menyatakan: (1) kesimpulan, (2) penambahan, (3) pertentangan, (4) penegasan, dan (5) urutan waktu (temporal).
       Kata penghubung temporal adalah kata penghubung yang berfungsi menghubungkan suatu kalimat yang menyatakan suatu kejadian dengan kalimat berikutnya yang menyatakan kejadian lain dalam urutan waktu yang berbeda. Kata penghubung temporal di antaranya adalah setelah itu, sesudah itu, sebelum itu, sebelumnya, kemudian, selanjutnya, dan dalam waktu yang bersamaan.

Perhatikan Contoh

      Sebagai contoh, perhatikan kalimat berikut ini!
Pada kalimat tersebut, terdapat dua kalimat yang menyatakan kejadian atau peristiwa. Kejadian pertama adalah “seluruh mahasiswa baru menyimak kuliah umum dari rektor” sedangkan kejadian kedua adalah “mereka akan mengikuti pengarahan dari masing-masing fakultas”. Kedua kalimat tersebut dihubungkan oleh kata penghubung temporal setelah itu. Maka, itu berarti kejadian pertama terjadi lebih dahulu daripada kejadian kedua.
      Hal berbeda dapat dilihat dari contoh kalimat berikut:
Pada kalimat tersebut, terdapat dua kejadian atau peristiwa. Kejadian pertama adalah “sejumlah warga Cidadap dilarikan ke Puskesmas karena keracunan makanan” sedangkan kejadian kedua adalah “mereka mengaku mengonsumsi nasi kotak dari panitia kampanye”. Kedua kalimat tersebut dihubungkan oleh kata penghubung temporal sebelumnya. Maka, itu berarti kejadian pertama terjadi setelah kejadian kedua telah selesai.

Poin Penting

  1. Kata penghubung adalah kata tugas yang berfungsi menghubungkan antarkata, antarfrasa, antarklausa, antarkalimat, atau antarparagraf.
  2. Kata penghubung temporal adalah kata penghubung yang berfungsi menghubungkan suatu kalimat yang menyatakan suatu kejadian dengan kalimat berikutnya yang menyatakan kejadian lain dalam urutan waktu yang berbeda.
  3. Kata penghubung temporal di antaranya adalah setelah itu, sesudah itu, sebelum itu, sebelumnya, kemudian, selanjutnya, dan dalam waktu yang sama.

Contoh Soal Kata Penghubung Temporal Antarkalimat



Perhatikan paragraf berikut ini!
       (1) Dianita terpilih menjadi ketua OSIS yang baru setelah Risman. (2) Dia berhasil meraih suara tertinggi setelah mengalahkan Anto dan Yudis. (3) Sebelumnya, dia pesimistis memenangkan pemilihan karena merasa program kerja pesaingnya lebih baik. (4) Namun, tanpa disangka mayoritas siswa memilihnya sebagai orang nomor satu di OSIS. (5) Dianita pun berjanji akan menjadikan OSIS sebagai organisasi yang lebih maju di kemudian hari.
Kalimat yang memiliki kata penghubung temporal antarkalimat adalah ....
Perhatikan kalimat berikut ini!
Alan mendapatkan nilai tertinggi pada ujian bahasa Indonesia. ..., dia telah belajar sepanjang malam.
Kata penghubung temporal yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
Perhatikan kalimat berikut ini!
Para saksi akan dimintai keterangan. ..., polisi akan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) esok harinya.
Kata penghubung temporal antarkalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
Perhatikan kalimat berikut ini!
Kota Balikpapan meraih penghargaan sebagai kota terbersih di Indonesia. Sebelumnya, ....
Kalimat yang tepat untuk melengkapi susunan kalimat di atas adalah ....
Perhatikan kalimat berikut ini!
Teni berhasil meraih nilai ujian nasional tertinggi di SMA Angkasa. ..., dia juga dinobatkan sebagai pelajar teladan sehingga dia memperoleh dua penghargaan sekaligus.
Kata penghubung temporal antarkalimat paling tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
Perhatikan paragraf berikut ini!
      Membuat paspor kini lebih mudah. Kita dapat melakukan pendaftaran secara daring melalui laman web kantor imigrasi. Jika formulir pendaftaran telah diisi secara lengkap, kita tinggal mengikuti wawancara sesuai jadwal yang telah dipilih. ..., kita akan menerima paspor setelah proses wawancara selesai dilakukan.
Kata penghubung temporal antarkalimat yang tepat untuk melengkapi rumpang pada paragraf di atas adalah ....
Perhatikan paragraf berikut ini!
Cara Membuat Sayur Asem
      Didihkan air sebanyak 200 cc. (1) ..., masukkan 250 gram sayur-sayuran hingga setengah matang. (2) ..., masukkan bumbu sayur asem instan. Aduk sebentar, lalu sayur asem pun siap dihidangkan.
Kata penghubung temporal antarkalimat yang paling tepat untuk melengkapi rumpang pada paragraf di atas adalah ....
Perhatikan paragraf berikut ini!
      Saat ini, media sosial bukan sekadar ajang untuk memamerkan status atau foto. Media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk berbisnis. Memanfaatkan media sosial sangatlah mudah. Modal utamanya hanya memiliki beberapa akun media sosial, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. (1) ..., semua akun media sosial tersebut harus memiliki penjenamaan (branding) yang baik. Penjenamaan yang baik akan membuat orang tertarik dengan apa yang kita jual di media sosial. (2) ..., barulah kita gencar mengoptimalkan penjualan dengan strategi yang cerdas.
Kata penghubung temporal antarkalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ....
Perhatikan paragraf berikut ini!
      Pemerintah lagi-lagi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Sebelumnya, (1) .... Selain itu, tarif dasar listrik juga mengalami kenaikan. Dalam waktu yang bersamaan, (2) .... Dengan demikian, masyarakat harus semakin bijak dalam menggunakan bahan bakar dan listrik.
Bagian kalimat yang tepat untuk melengkapi rumpang pada paragraf di atas adalah ....
Perhatikan paragraf berikut ini!
      Blog merupakan laman web yang dapat dimanfaatkan oleh siapa pun, termasuk para pelajar. Cara membuatnya pun mudah. Kita hanya memerlukan komputer yang terkoneksi dengan internet. Setelah itu, (1) .... Pembuatannya pun sederhana, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah yang telah diberikan sesuai petunjuk. Selanjutnya, (2) ....
Bagian kalimat yang tepat untuk melengkapi adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel