Contoh Soal Kata Penghubung Konsekutif

Contoh Soal Kata Penghubung Konsekutif Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang Konjungsi Konsekutif. Konjungsi konsekutif ialah kata penghubung yang menyatakan akibat. Contoh konjungsi konsekutif ialah kata sampai, sehingga, dan akhirnya.
Contoh 1:
Pertandingan basket antar-SMA se-Surabaya akan diadakan dua hari lagi, tepatnya Minggu, 14 Juni 2015 sehingga panitia harus bekerja ekstrakeras satu minggu agar kegiatan berjalan dengan lancar.
Bila kita amati kalimat di atas, terdapat konjungsi sehingga dan agar. Perbedaan keduanya terletak pada ....
• Konjungsi sehingga merupakan konjungsi kosekutif.
Klausa 1 : Pertandingan persahabatan basket antarsekolah se-Surabaya akan diadakan dua hari lagi, tepatnya Minggu, 14 Juni 2015.
Klausa 2 : panitia harus bekerja ekstrakeras satu minggu agar kegiatan berjalan dengan lancar.
Klausa ke-1 dan ke-2 di hubungkan dengan kata sehingga.
• Konjungsi ‘agar’ merupakan konjungsi tujuan.
Panitia harus bekerja ekstrakeras – kegiatan berjalan lancar: untuk menghubungkan dua klausa ini dibutuhkan konjungsi yang bermakna tujuan, yaitu agar
Contoh 2:
Mari kita amati susunan kalimat di bawah ini dengan cermat!
a. Dara menjadi siswa berprestasi di sekolahnya sehingga ia langsung menangis terharu.
Klausa ke-1 : Dara menjadi siswa berprestasi di sekolahnya
Klausa ke-2 : ia langsung menangis terharu
b. Karyawan P.T Maju Makmur kecewa atas tindakan mem-PHK 100 orang karyawan tanpa pemberitahuan. Akhirnya, mereka mengadakan aksi tutup jalan selama 24 jam.
Kalimat ke-1 : Karyawan P.T Maju Makmur kecewa atas tindakan mem-PHK 100 orang karyawan tanpa pemberitahuan.
Kalimat ke-2 : mereka mengadakan aksi tutup jalan selama 24 jam.
Kalimat pada contoh a dan b masing-masing terdiri atas dua buah kalimat yang dihubungkan dengan konjungsi konsekutif ‘sehingga’ dan ‘akhirnya’.
Kalimat pertama mengandung kta hubung konsekutif intrakalimat sedangkan kalimat kedua menggunakan kata hubung konsekutif antarkalimat.
  1. Konjungsi konsekutif ialah kata penghubung yang menyatakan akibat.
  2. Konjungsi konsekutif antarkalimat biasanya terdapat pada kalimat majemuk bertingkat karena terdiri dari dua buah kalimat yang menyatakan akibat dari sebuah peristiwa.
  3. Macam-macam konjungsi konsekutif ialah sehingga, sampai, dan akhirnya.
  4. Kalimat yang memakai konjungsi konsekutif antarkalimat terdiri atas dua buah kalimat atau lebih. Kalimat pertama merupakan peristiwa (kejadian) dan kalimat kedua merupakan akibat.

Contoh Soal Kata Penghubung Konsekutif


Acara Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) memerlukan anggaran biaya untuk konsumsi yang terdiri atas 263 orang siswa, 15 orang guru pendamping, dan 4 orang tenaga kebersihan dan perlengkapan. Anggaran biaya yang disediakan sekolah kurang sehingga mencari sponsor untuk menyukseskan acara. Target sponsor yang diperoleh minimal 5 badan usaha. Oleh karena itu, Waka Humas ditunjuk sebagai Penanggung Jawab Program.
Kalimat yang dihubungkan oleh konjungsi konsekutif antarkalimat ialah ....
Kucing adalah hewan yang sangat lucu dan menggemaskan. .... banyak dipelihara di rumah-rumah. Apalagi bila jenisnya merupakan hasil persilangan. Tak heran bila bisnis salon kucing mulai menggeliat di kotakota besar.
Konjungsi konsekutif yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas ialah ....
Ribuan pelajar memadati lapangan sepak bola untuk menyaksikan pertanding antara klub CCM dan SSG. Mulai pagi sampai siang pengunjung terus berdatangan. Teriknya sinar matahari tak menggoyahkan semangat mereka untuk menonton klub kebanggaannya. Akhirnya, petugas lalu lintas terpaksa mencarikan jalan alternatif agar tidak terjadi kemacetan.
Konjungsi konsekutif antarkalimat yang nampak adalah ....
Telepon genggam ber-wifi bukan merupakan barang baru di Indonesia. Mulai anak-anak sampai orang tua mengetahuinya. Sehingga, banyak gerai telepon genggam bermunculan. Perkembangan tersebut sebaiknya dibarengi dengan pengetahuan ‘ bijak menggunakan internet’. Bila tidak, Dikhawatirkan masyarakat kita akan mengalami krisis sosial dan identitas diri.
Pemakaian kalimat berkonjungsi konsekutif pada kalimat ke-3 kurang tepat karena ....
Liburan kenaikan kelas sudah tiba. Aku berencana akan pergi ke Yogya naik kereta. Namun, semua tiket telah habis terjual. Mulai dari kereta api, travel, dan pesawat. Akhirnya aku menghabiskan liburan di rumah.
Perbaikan konjungsi konsekutif pada kalimat ke-5 yang tepat ialah ....
Perhatikan susunan klausa acak di bawah ini!
1. sehingga, para ahli kecantikan menganjurkan untuk mengonsumsi setiap hari
2. cantik tidak harus mahal, pameo tersebut benar adanya
3. buah-buahan mengandung serat dan kaya vitamin
4. mudah didapat dan harganya terjangkau
5. makanlah buah setiap hari
6. selain itu, juga dapat menghaluskan dan mempercantik kulit
Urutan menjadi paragraf yang baik ialah ....
Kalimat berikut yang memakai konjungsi konsekutif secara tepat ialah ....
Karin akan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri besok (SBMPTN). Dia mempersiapkan diri dengan belajar 5 jam per hari, berdoa, dan mengikuti les sejak dua bulan yang lalu.....
Klausa penutup yang tepat untuk paragraf di atas ialah ….
Kecelakaan tadi pagi masih terbayang di ingatan Bagas. Mulai pagi dia tidak bernafsu makan. .... Ibu takut Bagas sakit. Oleh sebab itu, Ibu membujuknya makan.
Konjungsi konsekutif yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas ialah ....
(1) Pengalaman tak terlupakan ialah mengunjungi pantai ketika liburan semester kemarin. (2) Hawa yang sejuk dan pemandangan alami menjadi keindahan tersendiri bagiku. (3) Apalagi, wisata pantai ini belum terjamah oleh tangan-tangan usil manusia. (4) Sayangnya, aku hanya menikmati beberapa jam saja karena harus meneruskan perjalanan di lain tempat. (5) Akhirnya, aku berniat untuk datang lagi ke sini bersama anggota keluarga.
Pemakaian konjungsi konsekutif terlihat pada kalimat di atas, yaitu ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel