Contoh Soal Langkah-langkah penulisan teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)

Contoh Soal Langkah-langkah penulisan teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)Teks prosedur kompleks merupakan jenis teks yang berisi tahapan-tahapan dalam sebuah kegiatan tertentu atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan sebuah kegiatan atau pekerjaan dan untuk mencapai tujuan secara urut atau runtut.
Langkah-langkah Penulisan Teks Prosedur Kompleks
Untuk menulis teks prosedur kompleks ada beberapa langkah yang harus diikuti. Berikut langkah-langkah untuk menulis sebuah teks prosedur kompleks.
1. Mengetahui dan memahami pengertian dari teks prosedur kompleks.
2. Mengetahui struktur isi teks prosedur kompleks. Struktur isi teks prosedur kompleks di antaranya sebagai berikut.
a. Judul. Judul merupakan kepala karangan dari sebuah teks prosedur kompleks. Contohnya adalah “Cara Membuat Layangan Sederhana”.
b. Pendahuluan. Pendahuluan merupakan rangkaian kalimat yang menjadi bagian dari teks yang berisi hal-hal yang berisfat umum.
c. Bahan atau alat. Keterangan bahan atau alat dicantumkan terutama pada jenis teks prosedur kompleks yang berisi langkah-langkah dalam membuat sesuatu.
d. Tujuan. Dalam sebuah teks prosedur kompleks, sesuai dengan pengertiannya, ada tujuan yang diharapkan bisa tercapai dengan mengikuti langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks tersebut.
e. Langkah-langkah. Langkah-langkah merupakan cara atau tahapan di dalam teks prosedur kompleks yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
3. Mengetahui ciri-ciri struktur kebahasaan dari teks prosedur kompleks. Ciri-ciri stuktur kebahasaan tersebut diantaranya sebagai berikut.
a. Menggunakan jenis kalimat imperatif, deklaratif, dan interogatif.
(1) Kalimat imperatif merupakan jenis kalimat yang berisi perintah untuk melakukan sesuatu. Fungsi dari kalimat ini adalah melarang atau meminta seseorang untuk melakukan satu hal. Ciri-ciri kalimat perintah tersebut diantaranya (a) berisi perintah untuk melakukan sesuatu, (b) mengandung intonasi perintah dengan nada yang agak naik, (c) Mendapatkan tanggapan berupa perbuatan, dan (d) dalam penulisannya umumnya diakhiri dengan tanda seru (!). Jenis kalimat imperatif di antaranya kalimat perintah biasa, kalimat perintah permintaan, kalimat perintah ajakan, dan kalimat perintah larangan.
(2) Kalimat deklaratif merupakan kalimat yang berisi informasi yang diberikan kepada pembaca. Fungsinya adalah untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Kalimat deklaratif memiliki ciri sebagai berikut (a) berisi kalimat yang memberikan sesuatu, (b) memiliki intonasi yang netral, (c) tidak ada tanggapan dari pembaca, dan (d) Kalimat diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.).
(3) Kalimat interogatif merupakan jenis kalimat yang berisi pertanyaan. Fungsi dari kalimat ini adalah untuk meminta informasi tertentu. 
b. Adanya partisipan. Contohnya seperti pengendara, pembuat, pelanggan, pejalan kaki, dan masih banyak lagi.
c. Menggunakan verba material dan verba tingkah laku.
(1) Verba material merupakan jenis verba yang mengarah pada tindakan atau aktivitas yang bersifat fisik terhadap sebuah kejadian atau peristiwa. Contohnya adalah membaca, mengecek, melaporkan, dan lain-lain.
(2) Verba tingkah laku merupakan jenis verba yang mengarah pada sikap yang dinyatakan melalui ungkapan. Contohnya adalah meninggalkan, menolak, menerima, dan lain-lain.
d. Menggunakan konjungsi temporal. Konjungsi temporal merupakan jenis konjungsi yang mengarah pada urutan waktu. Contohnya seperti berikut.
(1) Hal yang harus dilakukan pertama adalah mengecek ulang peralatan, kedua memindahkan peralatan tersebut ke tempat yang lebih bersih, dan ketiga bersihkanlah ruangan sampai semua kotoran hilang. 
(2) Berikut langkah-langkahnya.
1. Ambil ember yang sudah diisi air mineral.
2. Cuci bersih semua bahan di dalam ember tersebut.
3. Gunakan sarung tangan karet ketika proses pencucian bahan.

Contoh Soal Langkah-langkah penulisan teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)

SOAL 1
“Pertama tuangkan larutan garam secara perlahan-lahan ke dalam adonan yang sudah kalis.”
Kalimat yang merupakan bagian dari teks prosedur kompleks di atas termasuk ke dalam jenis kalimat ....

SOAL 2
Kalimat berikut yang mengandung verba material dalam teks prosedur kompleks adalah ....

SOAL 3
Pertama campur semua bahan kering seperti terigu, tepung maizena, dan bubuk cokelat. Kedua aduk rata semua bahan kering. Ketiga campurkan telur kocok, gula pasir, pengembang, dan vanili. Keempat aduk rata kembali sampai adonan kalis dan bisa dibentuk dengan cetakan.
Judul yang tepat untuk bagian teks prosedur kompleks di atas adalah ....

SOAL 4
Tahu merupakan salah satu jenis makanan yang sangat digemari di Indonesia. Jenis tahu juga ada bermacam-macam, mulai dari tahu kuning, tahu putih, tahu sutra, sampai tahu susu. 
Bagian teks prosedur kompleks di atas termasuk ke dalam ....

SOAL 5
Langkah-langkah yang paling tepat untuk judul teks prosedur kompleks “Menulis Makalah yang Baik” adalah ....

SOAL 6
Kerajinan rotan merupakan salah satu jenis kerajinan Indonesia yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. ....mulai dari menjual langsung di toko pribadi, menitipkan di toko souvenir dan supermarket, sampai menjual secara online sehingga pembeli dari mancanegara pun mulai bermunculan.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf pendahuluan teks prosedur kompleks di atas adalah ....

SOAL 7
Kalimat dalam teks prosedur kompleks berikut yang mengandung partisipan di dalamnya adalah ....

SOAL 8
Kalimat di bawah ini yang berisi tujuan dari teks prosedur kompleks adalah ....

SOAL 9
Proses tersebut akan meninggalkan sisa-sisa berwarna hijau yang memang dibutuhkan untuk pewarnaan.
Kalimat yang menjadi bagian dari teks prosedur kompleks tersebut mengandung jenis verba ....

SOAL 10
Berikut adalah contoh kalimat imperatif dalam sebuah teks prosedur kompleks, kecuali ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel