Contoh Soal Modernisasi

Contoh Soal ModernisasiModernisasi menunjukkan suatu proses dari serangkaian upaya untuk menuju atau menciptakan nilai-nilai (fisik, material dan sosial) yang bersifat atau berkualifikasi universal, rasional, dan fungsional. Modernisasi lazimnya, selalu dipertentangkan dengan nilai-nilai tradisi. Modernisasi berasal dari kata modern (maju), modernity (modernitas), yang diartikan sebagai nilai-nilai yang keberlakuannya dalam aspek ruang, waktu, dan kelompok sosialnya lebih luas atau universal, itulah spesifikasi nilai atau values. Sedangkan yang lazim dipertentangkan dengan konsep modern adalah tradisi, yang berarti barang sesuatu yang diperoleh seseorang atau kelompok melalui proses pewarisan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Umumnya tradisi meliputi sejumlah norma (norms) yang keberlakuannya tergantung pada (depend on) ruang (tempat), waktu, dan kelompok (masyarakat) tertentu. Artinya keberlakuannya terbatas, tidak bersifat universal seperti yang berlaku bagi nilai-nilai atau values.

Contoh Soal Modernisasi


SOAL 1
Revolusi industri di Inggris merupakan awal perkembangan industri dunia dan sebagai pendorong perubahan sosial. Revolusi tersebut menunjukkan telah terjadi perubahan ke arah tatanan ….

SOAL 2
Penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan dan bidang kehidupan, disebut ….

SOAL 3
Modernisasi identik dengan suatu bentuk dari perubahan sosial yang biasanya terarah. Ini dikemukakan oleh ….

SOAL 4
Pernyataan yang tidak terkait dengan pengertian modernisasi ialah …

SOAL 5
Berikut yang tidak termasuk syarat modernisasi adalah ….

SOAL 6
Pandangan holistik terhadap modernisasi bermakna ….

SOAL 7
Modernisasi dan globalisasi mampu menyediakan berbagai barang produksi luar dengan harga murah dan mudah didapatkan, sehingga menghambat motivasi manusia Indonesia untuk membuat produk/barang sendiri. Kenyataan tersebut dapat menimbulkan dampak negatif dalam bentuk ….

SOAL 8
Berkembangnya pemikiran mengenai demokrasi dan demokratisasi dalam berbagai aspek kehidupan membiasakan individu untuk menghadapi perbedaan serta mengembangkan ….

SOAL 9
Laju modernisasi yang meningkatkan emisi ataupun gas buangan dari kendaraan bermotor maupun pabrik-pabrik dapat mengakibatkan pemanasan global (global warming). Berikut yang bukan termasuk dampak pemanasan global adalah ….

SOAL 10
Penggunaan SMS (Short Message Service) dan e-mail memiliki dampak positif, yakni ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel